Kamis, 25 Februari 2010

Observasi lapangan XII IPA 1





































Penerapan prinsip-prinsip bioteknologi dalam kehiapan sehari-hari sangat beragam mulai dari pemanfaatan mikroorganisme,rekayasa genetika dll.
Pada dasarnya bioteknologi adalah upaya pemanfaatan makhluk hidup dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah untuk menghasilkan produk atau jasa yang berguna bagi manusia.
Berdasarkan sifatnya bioteknologi dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu :
  1. Bioteknologi Konvensional
  2. Bioteknologi Modern
Bioteknologi konvensional adalah penarapan konsep-konsep ilmiah bioteknologi dengan masih menggunakan alat-alat yang sederhana,misalnya proses pembuatan tempe,tape,oncom,dll.
Bioteknologi modern adalah penarapan konsep-konsep ilmiah bio teknologi dengan menggunakan alat-alat atau mikroorganisme yang lebih kompleks,misalnya pembuatan keju,yoghurt,mentega,nata de coco,dll.
Bioteknologi sangat bermanfaat tdak hanya dalam pembuatan makanan atau minuman tetapi pemanfaatan bioteknologi juga sudah banyak diterapkan dalam beberapa bidang yaitu :
  1. Bidang Pertanian,contonya Tanaman tahan hama,Tanaman penambat nitrogen
  2. Bidang Kedokteran,contohnya Pembuatan obat-obatan,Pembuatan antibodi monoklonal,Terapi gen manusia,dan Pembuatan vaksin.
  3. Bioteknologi Peternakan,contohnya,Pengembangan hewan-hewan bernilai ekonomi tinggi.
  4. Bioteknologi Lingkungan,contohnya, Biogas,Mikroorganisme pengolah limbah.
Dibalik banyaknya manfaat dari penerapan Bioteknologi ini,tidak menutup kemungkinan timbulnya bahaya dari Bioteknologi ini misalnya :
  1. Membuat senjata biologis
  2. Memunculkan organisme stain yang jahat
  3. Mengganggu keseimbangan lingkungan
Dalam observasi kami kali ini kami ingin mengetahui penerapan Bioteknologi dalam bidang industri makanan dan minuman yang sebagai bahan dasarnya adalah susu sapi segar,Bertempat di kota curup kabupaten rejang lebong,provinsi bengkulu kami mengadakan observasi lapangan tentang proses pembuatan yoghurt.
pada awalnya cukup khawatir karena hampir di semua tempat yang kami datangi,pengelola atau pemilik dari peternakan sapi perah tersebut sedang tidak berada di tempat,karena waktu sudah hampir sore dan cuaca sedang tidak bersahabat maka kami memutuskan untuk langsung berkunjung ke kediaman sang pemilik peternakan tersebut,dan akhirnya tidak beberapa lama berselang pemilik peternakan itu pun tida,dengan hati yang cukup lega kami akhirnya bisa mendapatkan informasi yang cukup sebagai bahan kami unkuk membuat laporang pengamatan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar